Laporan Magang Komunikasi
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah saya
ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat dan hidayahnya hingga
bisa menyelesaikan Kuliah Magang Komunikasi tahun ini tak lupa juga sholawat
serta salam kepada junjungan alam nabi besar Muhammad SAW.
Kegiatan ini merupakan salah
satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi komunikasi, fungsi dan
tujuan dari Kuliah Magang Komunikasi adalah momentum yang paling baik bagi mahasiswa
untuk menunjukkan dirinya di tempat kerja, sehingga pengelola tempat kerja
terkesan pada kemampuan diri mahasiswa. Mahasiswa diharap dapat
melakukan hal terbaik atas seluruh tugas dan tanggung jawab yang diberikan dari
institusi tempat Magang.
Kesuksesan kegiatan ini pun
tak lepas dari bimbingan dan arahan dari
1. Drs. Buddy Riyanto,
M.Si sebagai Ketua Program Studi Komunikasi
2. Wawan Setya Nugraha, S.Sos, Sebagai ketua DPRD Kabupaten
Wonogiri
3. Drs. H. Sukiyono, MM, Sebagai Sekretaris Dewan Kabupaten
Wonogiri
4. Drs. Joko Purwahono, Pengawas serta Pembimbing Lapangan di
Sekretariat DPRD Kabupaten Wonogiri.
5. Dra. Nurnawati, M.Si
Sebagai dosen Pembimbing Magang
6. Drs. Priyandono
Wignyo Atmojo, M.Si sebagai pembimbing Akademik
Atas bantuan dan arahannya
kami ucapkan banyak terimakasih.
Demikian hasil penyusunan
laporan kuliah magang komunikasi, Mohon maaf jika banyak terjadi kesalahan dan
kami sangat terbuka menerima kritik dan saran yang membangun guna kesempurnaan laporan ini.
Surakarta, 7 November 2013
Penulis
Untuk Almamaterku
Orang tuaku
Dan semua orang ku sayangi
“Success is always accompanied with failure”
Kesuksesan selalu disertai dengan kegagalan
“Think
big, and act now”
Berpikirlah besar, dan bertindaklah sekarang
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ………….………………………………… i
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………. ii
KATA PENGANTAR……………………………………………. iii
HALAMAN PERSEMBAHAN
………………………………… v
HALAMAN MOTTO
…………………………………………... vi
DAFTAR ISI ……………………………………………………. vii
DAFTAR TABEL ………………………………………………. viii
BAB I
PENDAHULUAN ………………………………………. 1
A.
Latar belakang
………………………........................ 1
B.
Tujuan Kuliah Magang Komunikasi
……………….. 2
C.
Waktu dan tempat pelaksanaan
…………………….. 4
D.
Manfaat ……………………………………………... 5
BAB II
SEKRETARIAT DPRD WONOGIRI ………………… 6
A.
Deskripsi umum …………………………………… 6
B.
Anggota DPRD Wonogiri ………………………… 8
C.
Fraksi – Fraksi …………………………………….. 10
D.
Komisi – Komisi ………………………………….. 14
BAB III RESES
SEBAGAI MEDIA PENYERAPAN ASPIRASI
DAN KEGIATAN PUBLIC RELATION ANGGOTA DPRD
WONOGIRI …………………………………………… 21
A.
Pengertian Reses …………………………………... 21
B.
Tujuan dan dasar pelaksanaan Reses
anggota Dewan. 21
C.
Kegiatan Reses anggota DPRD
Wonogiri Tahap II
Tahun
2013 ………………………………………… 24
D.
Laporan kegiatan magang komunikasi
di secretariat
DPRD
Wonogiri …………………………………… 26
BAB IV.
PENUTUP …………………………………………... 33
A.
Simpulan …………………………………………... 33
B.
Saran ………………………………………………. 34
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL 1. PERANGKAT SEKRETARIAT DPRD …………… 7
TABEL 2. DAFTAR ANGGOTA DPRD WONOGIRI ……….. 8
TABEL 3. DAFTAR ANGGOTA FRAKSI PDIP …………….. 10
TABEL 4. DAFTAR ANGGOTA FRAKSI GOLKAR ………... 11
TABEL 5. DAFTAR ANGGOTA FRAKSI PKS ………………. 12
TABEL 6. DAFTAR ANGGOTA FRAKSI PD ………………... 13
TABEL 7. DAFTAR ANGGOTA FRAKSI API ………………. 13
TABEL 8. DAFTAR ANGGOTA KOMISI A …………………. 15
TABEL 9. DAFTAR ANGGOTA KOMISI B …………………. 16
TABEL 10. DAFTAR ANGGOTA KOMISI C ………………... 18
TABEL 11. DAFTAR ANGGOTA KOMISI D ………………... 20
TABEL 12. REDAKSI BULETIN GELORA DPRD …………... 27
TABEL 13. LAPORAN KEGIATAN MAGANG KOMUNIKASI. 29
FORMAT LAPORAN
MAGANG KERJA
Sistematika Laporan Magang Kerja adalah sebagai berikut:
Cover Luar (Softcover
warna Hijau Muda)
Cover dalam
Lembar Pengesahan
Ringkasan Bahasa Inggris
Ringkasan Bahasa Indonesia
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
• Penjelasan tentang perlunya magang kerja
• Alasan pemilihan obyek magang kerja
1.2.
Tujuan Pelaksanaan Magang
1.3.
Sasaran Kompetensi yang ditargetkan
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
Uraian tentang hal-hal yang berkaitan dengan obyek magang kerja berdasarkan
teori
(dari buku teks atau dari hasil penelitian baik
jurnal, buletin maupun laporan hasil
penelitian yang lain)
BAB 3 METODE PELAKSANAAN
3.1. Waktu dan Tempat
3.2. Prosedur Pelaksanaan
Uraian tentang metode dan pelaksanaan magang kerja:
• Praktek kerja langsung sesuai dengan aktivitas yang ada di perusahaan
• Diskusi dan wawancara dengan staf perusahaan
• Pengumpulan data sekunder sebagai data
pelengkap
BAB 4 KONDISI LOKASI
MAGANG
4.1. Profil Lokasi Magang
4.2. Struktur Organisasi
Lokasi Magang
4.3. Unit dan Program
Kerja
BAB 5 HASIL &
PEMBAHASAN
5.1. Hasil
Berisi uraian secara sistematis hasil kegiatan magang kerja)
5.2. Pembahasan
Pembahasan dilakukan pada setiap macam
kegiatan yang disajikan, berisi penjelasan mengapa hal tersebut dilakukan. Bandingkan dengan pustaka yang telah dituliskan pada bab II, dan berikan
ulasan. Pembahasan memiliki arti penting bila hal-hal yang dilaksanakan tidak sesuai dengan pustaka yang telah
dikaji. Pembahasan juga perlu dikaitkan dengan kompetensi yang ditargetkan dalam pelaksanaan magang kerja.
Bila ada topik khusus yang diangkat dari
kegiatan magang, silakan dibuat subbab baru (5.3.Judul topik)
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN
6.1. Kesimpulan
Mencantumkan hasil utama (kegiatan pokok) yang telah dilakukan selama
magang
kerja dan hasil kompetensi yang diperoleh selama magang kerja.
6.2. Saran
Berisi saran tentang perbaikan obyek magang bila kegiatan yang dilakukan
diyakini
kurang tepat.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
1.
Surat Keterangan selesai magang
2.
Jadwal Kegiatan
3.
Gambar/Foto pendukung kegiatan magang
4.
Dll
FORMAT COVER DEPAN
JUDUL:
...........................................................................
MAGANG KERJA
Oleh:
Farah Azizah
0812345678

UNIVERSITAS BRAWIJAYA
FAKULTAS PERTANIAN
JURUSAN ...........................
PROGRAM STUDI................
MALANG
20...
Format Halaman Pengesahan
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN MAGANG KERJA
JUDUL:
.....................................................................................
Disetujui oleh,
Pembimbing Lapangan, Pembimbing Utama,
Ir. Suyanto Prof.
Dr. Ir. Zaenal Kusuma, SU
NIP19560373085409845 NIP.123038560496
Mengetahui,
Jurusan ...............................
Ketua
Prof. Dr. Ir. Zaenal Kusuma, SU
NIP. ..................................
Catatan:
Untuk seminar /
ujian Magang Kerja, Laporan belum perlu ditandatangani Ketua Jurusan. Cukup
ditandatangani oleh
Pembimbing Utama dan Pembimbing Lapangan saja, atau catatan persetujuan dari
kedua pembimbing
FORMAT LEMBAR REVISI :
LEMBAR REVISI
LAPORAN MAGANG KERJA
NAMA MAHASISWA : ....................................................
N I M : ....................................................
PROGRAM STUDI : ....................................................
JURUSAN/MINAT : ....................................................
Catatan yang harus direvisi
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
Malang , ________
Penguji,
(......................................)
NIP :
..............................
C O N T O H F O R M A T P E N Y E R
A H A N L A P O R A N MAGANG KERJA
TIM PENGELOLA MAGANG KERJA
JURUSAN ………/MINAT ……….
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
TANDA TERIMA LAPORAN MAGANG KERJA
Telah terima Laporan Magang Kerja:
N A M A :
………………………………………….
N I M :
...........………………………………….
JURUSAN/
PROGRAM STUDI :
……..…………..........…………………
JUDUL
MAGANG KERJA : ………………………………………….
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
………………
|
No
|
NAMA
|
TANGGAL
|
TANDA TANGAN
|
|
1
Jurusan
|
|
|
|
|
2
Dosen Pembimbing
|
|
|
|
|
3
Instansi tempat magang kerja
|
|
|
|
|
Catatan dibuat rangkap 4
Panitia Magang Kerja
Untuk Pembimbing Utama Magang Kerja
Untuk Pembimbing Lapangan
Untuk Instansi ybs
Catatan: Laporan yang diserahkan berupa Laporan Magang
Kerja yang telah diujikan dan telah selesai direvisi serta telah mendapatkan
pengesahan dari Pembimbing Utama, Pembimbing Lapangan dan Ketua Jurusan/ Ketua
Program.
Format Lembar Keterangan Telah
Menyelesaikan Magang Kerja
TIM PENGELOLA MAGANG KERJA
JURUSAN ………/MINAT ……….
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
SURAT KETERANGAN
TELAH MENYELESAIKAN MAGANG KERJA
Yang bertanda tangan
dibawah ini:
Nama :...........................................................
NIM :...........................................................
JURUSAN / Program Studi : Tanah/Agroekoteknologi
JUDUL MAGANG :...........................................................
LOKASI :...........................................................
Telah selesai dalam melaksanakan magang kerja yang dimulai pada
...............................................
s/d...................................................... 2011.
Demikian surat keterangan ini dibuat dengan
sebenarnya.
Mengetahui
Pembimbing Lapangan, Mahasiswa Pelaksana Magang,
Ir. Suyanto .........................................................
NIP19560373085409845 NIM.
.............................................
Keterangan:
1. Rangkap 1 untuk Panitia
2. Rangkap 2 untuk Pembimbing Utama
3. Rangkap 3 untuk Pembimbing Lapangan
FORMAT PENULISAN LAPORAN MAGANG
Laporan dibuat sebanyak 3 eksemplar (dengan pembagian: 1 untuk pembimbing lapangan, 1 untuk pembimbing utama, 1 untuk jurusan) sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :
1.
Kertas : diketik di atas kertas
HVS/fotokopi berukuran A4 dan berat 70 -80 mg. Perbanyakannya dapat dilakukan dengan fotokopi yang bersih dengan berat
kertas 70 -80 mg.
2.
Sampul : Buffalo warna hijau muda
3.
Spasi : 1,5 antar baris
4.
Huruf : Hitam, 12 Times New
Roman
5.
Margin :
Atas 3 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, bawah 3 cm (termasuk nomor halaman)
6.
Penulisan :
a.
Nomor halaman :
§ Letak di pojok kanan
atas.
§ Menggunakan angka romawi: i, ii, iii, dst mulai
dari halaman setelah halaman judul s/d
sebelum halaman Bab I Pendahuluan.
§ Menggunakan angka 1,
2, 3, dst mulai dari Bab 1 Pendahuluan s/d Bab 6 Kesimpulan dan Saran
b.
Istilah asing dicetak miring.
c.
Huruf awal dari Judul dan Sub judul
menggunakan huruf besar dan selanjutnya huruf kecil.
d.
Gambar atau tabel :
Ø Letakan
ditengah-tengah
Ø Gambar berupa
peta/foto dicetak warna.
Ø Diberi keterangan
/judul gambar & tabel:
·
Untuk gambar :
Letak dibawah gambar.
·
Untuk tabel :
Letak di atas tabel
Ø Diberi nomor sesuai
Bab.
Contoh : Gambar/tabel
pada Bab II maka nomornya:
Gambar 2.1 , Gambar 2.2 ........... dst
Gambar/tabel pada Bab IV maka nomornya:
Gambar 4.1 , Gambar 4.2 ........... dst



0 komentar