Laporan Magang Komunikasi


KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat dan hidayahnya hingga bisa menyelesaikan Kuliah Magang Komunikasi tahun ini tak lupa juga sholawat serta salam kepada junjungan alam nabi besar Muhammad SAW.

Kegiatan ini merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi komunikasi, fungsi dan tujuan dari Kuliah Magang Komunikasi adalah momentum yang paling baik bagi mahasiswa untuk menunjukkan dirinya di tempat kerja, sehingga pengelola tempat kerja terkesan pada kemampuan diri mahasiswa. Mahasiswa diharap dapat melakukan hal terbaik atas seluruh tugas dan tanggung jawab yang diberikan dari institusi tempat Magang.
Kesuksesan kegiatan ini pun tak lepas dari bimbingan dan arahan dari
1.      Drs. Buddy Riyanto, M.Si sebagai Ketua Program Studi Komunikasi
2.      Wawan Setya Nugraha, S.Sos, Sebagai ketua DPRD Kabupaten Wonogiri
3.      Drs. H. Sukiyono, MM, Sebagai Sekretaris Dewan Kabupaten Wonogiri
4.      Drs. Joko Purwahono, Pengawas serta Pembimbing Lapangan di Sekretariat DPRD Kabupaten Wonogiri.
5.      Dra. Nurnawati, M.Si Sebagai dosen Pembimbing Magang
6.      Drs. Priyandono Wignyo Atmojo, M.Si sebagai pembimbing Akademik
Atas bantuan dan arahannya kami ucapkan banyak terimakasih.
Demikian hasil penyusunan laporan kuliah magang komunikasi, Mohon maaf jika banyak terjadi kesalahan dan kami sangat terbuka menerima kritik dan saran yang membangun guna kesempurnaan laporan ini.

Surakarta, 7 November  2013
Penulis





















Untuk Almamaterku
Orang tuaku
Dan semua orang ku sayangi














“Success is always accompanied with failure”
Kesuksesan selalu disertai dengan kegagalan

“Think big, and act now”
Berpikirlah besar, dan bertindaklah sekarang



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL   ………….…………………………………   i
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………….   ii
KATA PENGANTAR…………………………………………….    iii
HALAMAN PERSEMBAHAN …………………………………      v
HALAMAN MOTTO …………………………………………...     vi
DAFTAR ISI …………………………………………………….     vii
DAFTAR TABEL ……………………………………………….      viii
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………….      1
A.     Latar belakang ………………………........................       1
B.     Tujuan Kuliah Magang Komunikasi ………………..          2
C.     Waktu dan tempat pelaksanaan ……………………..        4
D.     Manfaat ……………………………………………...      5
BAB II SEKRETARIAT DPRD WONOGIRI …………………        6
A.     Deskripsi umum ……………………………………         6
B.     Anggota DPRD Wonogiri …………………………          8
C.     Fraksi – Fraksi ……………………………………..        10
D.     Komisi – Komisi …………………………………..          14
BAB III RESES SEBAGAI MEDIA PENYERAPAN ASPIRASI
DAN KEGIATAN PUBLIC RELATION ANGGOTA DPRD
WONOGIRI ……………………………………………       21
A.     Pengertian Reses …………………………………...        21
B.     Tujuan dan dasar pelaksanaan Reses anggota Dewan.         21
C.     Kegiatan Reses anggota DPRD Wonogiri Tahap II
Tahun 2013 …………………………………………       24
D.     Laporan kegiatan magang komunikasi di secretariat
DPRD Wonogiri ……………………………………        26
BAB IV. PENUTUP …………………………………………...        33
A.     Simpulan …………………………………………...        33
B.     Saran ……………………………………………….       34
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL

TABEL 1. PERANGKAT SEKRETARIAT DPRD ……………        7
TABEL 2. DAFTAR ANGGOTA DPRD WONOGIRI ………..        8
TABEL 3. DAFTAR ANGGOTA FRAKSI PDIP ……………..        10
TABEL 4. DAFTAR ANGGOTA FRAKSI GOLKAR ………...       11
TABEL 5. DAFTAR ANGGOTA FRAKSI PKS ……………….      12
TABEL 6. DAFTAR ANGGOTA FRAKSI PD ………………...       13
TABEL 7. DAFTAR ANGGOTA FRAKSI API ……………….       13
TABEL 8. DAFTAR ANGGOTA KOMISI A ………………….       15
TABEL 9. DAFTAR ANGGOTA KOMISI B ………………….       16
TABEL 10. DAFTAR ANGGOTA KOMISI C ………………...       18
TABEL 11. DAFTAR ANGGOTA KOMISI D ………………...       20
TABEL 12. REDAKSI BULETIN GELORA DPRD …………...       27
TABEL 13. LAPORAN KEGIATAN MAGANG KOMUNIKASI.   29




FORMAT LAPORAN MAGANG KERJA
Sistematika Laporan Magang Kerja adalah sebagai berikut:

Cover Luar (Softcover warna Hijau Muda)
Cover dalam
Lembar Pengesahan
Ringkasan Bahasa Inggris
Ringkasan Bahasa Indonesia
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
• Penjelasan tentang perlunya magang kerja
• Alasan pemilihan obyek magang kerja

1.2.  Tujuan Pelaksanaan Magang
1.3.  Sasaran Kompetensi yang ditargetkan
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
Uraian tentang hal-hal yang berkaitan dengan obyek magang kerja berdasarkan teori
(dari buku teks atau dari hasil penelitian baik jurnal, buletin maupun laporan hasil
penelitian yang lain)

BAB 3 METODE PELAKSANAAN
3.1. Waktu dan Tempat
3.2. Prosedur Pelaksanaan
Uraian tentang metode dan pelaksanaan magang kerja:
• Praktek kerja langsung sesuai dengan aktivitas yang ada di perusahaan
• Diskusi dan wawancara dengan staf perusahaan
• Pengumpulan data sekunder sebagai data pelengkap

BAB 4 KONDISI LOKASI MAGANG
4.1. Profil Lokasi Magang
4.2. Struktur Organisasi Lokasi Magang
4.3. Unit dan Program Kerja
BAB 5 HASIL & PEMBAHASAN
5.1. Hasil
Berisi uraian secara sistematis hasil kegiatan magang kerja)
5.2. Pembahasan
Pembahasan dilakukan pada setiap macam kegiatan yang disajikan, berisi penjelasan mengapa hal tersebut dilakukan. Bandingkan dengan pustaka yang telah dituliskan pada bab II, dan berikan ulasan. Pembahasan memiliki arti penting bila hal-hal yang dilaksanakan tidak sesuai dengan pustaka yang telah dikaji. Pembahasan juga perlu dikaitkan dengan kompetensi yang ditargetkan dalam pelaksanaan magang kerja.

Bila ada topik khusus yang diangkat dari kegiatan magang, silakan dibuat subbab baru (5.3.Judul topik)

BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN
6.1. Kesimpulan
Mencantumkan hasil utama (kegiatan pokok) yang telah dilakukan selama magang
kerja dan hasil kompetensi yang diperoleh selama magang kerja.
6.2. Saran
Berisi saran tentang perbaikan obyek magang bila kegiatan yang dilakukan diyakini
kurang tepat.

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
1.    Surat Keterangan selesai magang
2.    Jadwal Kegiatan
3.    Gambar/Foto pendukung kegiatan magang
4.    Dll

FORMAT COVER DEPAN

JUDUL:
...........................................................................

MAGANG KERJA



Oleh:
Farah Azizah
0812345678



Unibraw%20hitam%20copy



UNIVERSITAS BRAWIJAYA
FAKULTAS PERTANIAN
JURUSAN ...........................
PROGRAM STUDI................
MALANG
20...


Format Halaman Pengesahan
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN MAGANG KERJA JUDUL:
.....................................................................................


Disetujui oleh,

Pembimbing Lapangan,                                                    Pembimbing Utama,


Ir. Suyanto                                                                         Prof. Dr. Ir. Zaenal Kusuma, SU
NIP19560373085409845                                                  NIP.123038560496



Mengetahui,
Jurusan ...............................
Ketua


Prof. Dr. Ir. Zaenal Kusuma, SU
NIP. ..................................


Catatan:
Untuk seminar / ujian Magang Kerja, Laporan belum perlu ditandatangani Ketua Jurusan. Cukup
ditandatangani oleh Pembimbing Utama dan Pembimbing Lapangan saja, atau catatan persetujuan dari kedua pembimbing



FORMAT LEMBAR REVISI :
LEMBAR REVISI LAPORAN MAGANG KERJA


NAMA MAHASISWA                         : ....................................................
N I M                                                 : ....................................................
PROGRAM STUDI                          : ....................................................
JURUSAN/MINAT                             : ....................................................

Catatan yang harus direvisi
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................

Malang , ________
Penguji,


(......................................)
NIP : ..............................



C O N T O H F O R M A T P E N Y E R A H A N L A P O R A N MAGANG KERJA

TIM PENGELOLA MAGANG KERJA
JURUSAN ………/MINAT ……….
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG


TANDA TERIMA LAPORAN MAGANG KERJA

Telah terima Laporan Magang Kerja:

N A M A                                            : ………………………………………….
N I M                                                 : ...........………………………………….
JURUSAN/ PROGRAM STUDI        : ……..…………..........…………………
JUDUL MAGANG KERJA                : ………………………………………….
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………
………………
No
NAMA
TANGGAL
TANDA TANGAN
1 Jurusan



2 Dosen Pembimbing



3 Instansi tempat magang kerja







Malang,
Panitian Magang Kerja,


Dr. Ir. Sudarto, MS
NIP:..............................
 
 
Catatan dibuat rangkap 4
Panitia Magang Kerja
Untuk Pembimbing Utama Magang Kerja
Untuk Pembimbing Lapangan
Untuk Instansi ybs







Catatan: Laporan yang diserahkan berupa Laporan Magang Kerja yang telah diujikan dan telah selesai direvisi serta telah mendapatkan pengesahan dari Pembimbing Utama, Pembimbing Lapangan dan Ketua Jurusan/ Ketua Program.
Format Lembar Keterangan Telah Menyelesaikan Magang Kerja
TIM PENGELOLA MAGANG KERJA
JURUSAN ………/MINAT ……….
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG



SURAT KETERANGAN
TELAH MENYELESAIKAN MAGANG KERJA



Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                                               :...........................................................
NIM                                                   :...........................................................
JURUSAN / Program Studi              : Tanah/Agroekoteknologi
JUDUL MAGANG                             :...........................................................
LOKASI                                            :...........................................................

Telah selesai dalam melaksanakan magang kerja yang dimulai pada
............................................... s/d...................................................... 2011.
Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya.


Mengetahui
Pembimbing Lapangan,                                                    Mahasiswa Pelaksana Magang,


Ir. Suyanto                                                                         .........................................................
NIP19560373085409845                                                  NIM. .............................................



Keterangan:
1. Rangkap 1 untuk Panitia
2. Rangkap 2 untuk Pembimbing Utama
3. Rangkap 3 untuk Pembimbing Lapangan



FORMAT PENULISAN LAPORAN MAGANG
Laporan dibuat sebanyak 3 eksemplar (dengan pembagian: 1 untuk pembimbing lapangan, 1 untuk pembimbing utama, 1 untuk jurusan) sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :
1.     Kertas      : diketik di atas kertas HVS/fotokopi berukuran A4 dan berat 70 -80 mg. Perbanyakannya dapat dilakukan dengan fotokopi yang bersih dengan berat kertas 70 -80 mg.
2.     Sampul     : Buffalo warna hijau muda
3.     Spasi        : 1,5 antar baris
4.     Huruf        : Hitam, 12 Times New Roman
5.     Margin      : Atas 3 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm, bawah 3 cm (termasuk nomor halaman)
6.     Penulisan             :
a.    Nomor halaman :
§  Letak di pojok kanan atas.
§  Menggunakan angka romawi: i, ii, iii, dst mulai dari halaman setelah halaman judul s/d sebelum halaman Bab I Pendahuluan.
§  Menggunakan angka 1, 2, 3, dst mulai dari Bab 1 Pendahuluan  s/d  Bab 6 Kesimpulan dan Saran
b.    Istilah asing dicetak miring.
c.    Huruf awal dari Judul dan Sub judul menggunakan huruf besar dan selanjutnya huruf kecil.
d.    Gambar atau tabel :
Ø  Letakan ditengah-tengah
Ø  Gambar berupa peta/foto dicetak warna.
Ø  Diberi keterangan /judul gambar & tabel:
·        Untuk gambar       : Letak dibawah gambar.
·        Untuk tabel            : Letak di atas tabel
Ø  Diberi nomor sesuai Bab.
Contoh : Gambar/tabel pada Bab II maka nomornya:
                  Gambar 2.1 , Gambar 2.2 ........... dst
Gambar/tabel pada Bab IV maka nomornya:
Gambar 4.1 , Gambar 4.2 ........... dst

 

0 komentar

Posting Komentar